Minggu, 23 Agustus 2015

Pilihan Soundcard atau Audio Interface

Waktu berjalan, tanpa terasa sudah sekian lama tidak update posting. Untuk kali ini, kita akan mengenal sedikit demi sedikit tentang audio interface atau biasa disebut dengan soundcard.

Hal ini harus kita ketahui karena recording tanpa soundcard itu sangatlah mustahil. Karena audio tidak mungkin masuk ke dalam software dan terekam tanpa melewati soundcard ini. Sedangkan kualitas soundcard pastinya akan sangat mempengaruhi kualits audio yang terekam nantinya. Jika soundcard bagus, maka audio yang terekam juga bagus. Dan begitu pula sebaliknya.

Audio Soundcard ada beberapa jenis:
    1. Sound Card On-Board Computer
    Ini adalah soundcard yang pasti ada di setiap komputer/laptop. Tapi tentunya input yang masuk dan terekam nantinya akan berkualitas rendah dan jelek. Hindari menggunakan soundcard kecuali di saat darurat dan dibutuhkan dengan keterbatasan alat.

    2. Sound Card External
    Banyak sekali brand terkenal yang berkualitas dalam hal soundcard. Akan tetapi, penulis rekomendasikan untuk menggunakan brand Focusrite yang sudah menggeluti dunia audio recording interface sejak 1985. Keunggulan soundcard ini adalah hasilnya yang berkualitas dengan audio depth 24-bit dan frekuensi 96KHz. Dijamin suara terekam jernih dan berkualitas. 

    Pilihan Soundcard Recording ini ada 2 macam:
    a. via USB port (v 2.0)
    b. via Firewire 400/800

    Keunggulan USB adalah: portable, ada di setiap komputer, dan murah. Akan tetapi, ia lebih lambat dan memiliki latency besar (baca: posting audio driver & latency) sehingga terasa agak lambat.

    Sementara keunggulan Firewire adalah: transfer data cepat, latency mendekati 0, dan memudahkan proses monitor recording. Akan tetapi, harganya lebih mahal dan pemasangannya agak ribet. Kita harus membeli PCIe Card Firewire yang harganya 300-400 ribuan dan juga kabel Firewire berharga 200 ribuan. 

    Pilih yang mana?

    Sesuai kebutuhan saja. Kalau memang serius untuk studio rekaman profesional komersial lebih baik menggunakan Firewire. Sedangkan USB lebih cocok untuk Home Recording ataupun proyek kecil-kecilan dengan teman-teman band, misalnya.

    Untuk Home Recording juga, penulis merekomendasikan Focusrite tipe Scarlett 2i2 yang sangat portable dan memiliki 2 input audio channel dan 2 output audio monitor dengan harga sekitar 1,8 juta (sesuai kurs dollar). Sangat memadai untuk kebutuhan home recording dengan asumsi rekam guide gitar dan vokal saja atau 2 vokal sekaligus. Bagaimana dengan drum? Kami rasa menggunakan drum MIDI hasilnya pun sudah sangat memuaskan. Sebagai info, hampir 80% lagu yang kita dengar menggunakan drum MIDI yang memang lebih bagus suaranya, mudah di-custom, dan sangat akurat temponya.

    Berikut screenshot Focusrite 2i2:
    Screenshot Soundcard Firewire:


    Share this

    0 Comment to "Pilihan Soundcard atau Audio Interface"

    Posting Komentar