Jumat, 11 September 2015

TRACKING: Setup per Track

TAKING - Sampailah kita kepada inti dari recording yaitu Taking/Tracking. Akan tetapi, sebelum kita memulai proses rekaman kita harus mengatur setting per track yang akan digunakan.

Istilahnya adalah Pre-FX (baca: Pre-Effects), dimana kita memasang efek VST Plugin ke track yang akan merekam dan pengaruhnya akan permanen menjadi audio wav utuh. Jadi, tidak akan bisa dirubah lagi. Maka dari itu, FX yang ada harus sesuai dan sudah diuji coba sebelum proses rekaman.

Langkahnya adalah:
1. Klik kanan pada tombol record/rekam pada track dan pilih Track input FX Chain... pada menu yang ada.

2. Lalu pilih efek yang akan dipermanenkan. Dan itu tergantung kebutuhan. Efek dasarnya adalah Compressor dan Limiter.
Compressor untuk menaikkan volume dan memberi efek tebal. penulis biasa meggunakan RCompressor bawaan dari WAVES Plugins atau ReaComp bawaan dari REAPER. Sedangkan Limiter untuk menghindari clip pada saat proses rekaman. Kita bisa menggunakan BT-Limiter LM2S-3 bawaan dari NOMAD Plugins atau limiter dari JS Effect bawaan REAPER (JS: Utility/limiter). Atur sesuai kebutuhan (lihat contoh di bawah) dan tes dengan merekam audio.

Setting Compressor (RCompressor dari WAVES)

Setting Limiter (BT-Limiter LM2S-3 dari NOMAD)

3. Pastikan hasil audio yang terekam maksimal dengan melihat di gambar sinyal. Ciri-ciri audio bagus: tidak clip (merah) dan tebal (memenuhi ruang track)

Audio yang bagus (tebal/memenuhi ruang, dan tidak clip/melewati batas)

Audio yang kurang bagus (terlalu kecil)

Audio yang jelek (clip/audio ada yang terpotong/ di luar batas)
Untuk menghindari clipping, kita bisa mengurangi volume input atau mengatur limiter dengan output gain yang lebih rendah

4. Close window FX.

FX yang bisa kita pasang tidak hanya compressor dan limiter tetapi juga bisa menggunakan efek lain seperti AmpliTube atau Guitar Rig 5 untuk efek gitar, Hypersonic untuk synthesizer, dan efek lain yang anda inginkan.
Tetapi ingat, itu artinya sekali direkam hasilnya akan permanen dan tidak akan bisa dirubah lagi. Akan tetapi keuntungannya, lebih hemat RAM CPU sehingga lebih lancar dan tidak banyak loading.
Bisa juga, kita memberi efek lewat FX-track biasa yang bisa kita ubah-ubah nantinya. Akan tetapi, hal itu lebih berat bagi komputer dan akan banyak loading maupun hang kecil yang terjadi.
That's all...

Share this

0 Comment to "TRACKING: Setup per Track"

Posting Komentar