Senin, 02 Januari 2017

Tips Export Stem Track dari Nuendo/Cubase

Hahaa... sudah lama banget ga posting. Sori ya, banyak kesibukan dan kurangnya semangat menjadikan saya kurang konsisten. Hufffttt... 
Kemarin saya menemukan proyek lama yang saya cari-cari selama 4 tahun lebih. Seneng banget ketemu, tapi sayang formatnya berupa project Nuendo...! Sementara saya sendiri adalah seorang readdict alias Reaper Addictive. Akhirnya, teringatlah tips dari teman dekat dari Madiun, pemilik studio Whiplash: "Di-export aja dari depan sampai belakang, jadi nanti timing-nya pas semua..."
Masalahnya: bagaimana cara export per track project Nuendo dari awal sampai akhir? 
Untung Mbah Google memberi petunjuk cepat. Jadi, export dari awal ke akhir itu namanya EXPORT STEM TRACKS. Istilahnya Stem Track itu ya hasil export setiap track dari awal lagu sampai akhir. Oke, kelamaan kayaknya, langsung saja, in-action!!!

Langkah pertama, silahkan buka dulu proyek Nuendo-nya, habis itu buatlah item kosong di awal setiap track. Caranya, tekan Alt+Klik, maka kursor berubah menjadi pensil, lalu drag sedikit saja.

Alt+Click lalu di-drag ya...

Jadi kan...?
 Habis itu, silahkan digeret ke bagian paling depan di Track.
Gereeeet...! 
Silahkan di-copy semua track di awal tadi ke semua track yang mau di-export. Caranya gampang tekan Ctrl+drag. Maka file akan terkopi. Bisa juga dengan menggunakan Ctrl+C dan Ctrl+V seperti biasa.

Copy ke semua track
 Nah, setelah itu silahkan di-select semua file-nya tadi dengan cara zoom-out dulu, lalu select semua gambar item dengan cara drag dari pojok kanan atas ke kiri bawah.
zoom-out: drag ke atas



Drag dari kanan-atas ke kiri-bawah

Hasil seleksi
 Setelah terseleksi silahkan buka menu Audio >> Bounce Selection

Menu Audio  >> Bounce Selection
Lalu, jika ditanya "Replace Events?", jawab saja dengan 'NO!'. Itu biar susunan project yang asli tidak berubah.
Say No!
 Jika selesai silahkan ditunggu sampai akhir.
Ngopi dulu mas....
Hasilnya, bisa dilihat di folder Audio dalam folder project Nuendo. Urutkan dari 'Date created' silahkan diurutkan dari yang terbaru, maka tanggal yang terbaru itulah hasil render stem track.
Semoga bermanfaat...

Share this

0 Comment to "Tips Export Stem Track dari Nuendo/Cubase"

Posting Komentar