Rabu, 20 September 2017

Zero2Hero: Buat Track MIDI Drum dengan Addictive Drums 2 dan EZDrummer 2 (pt. 6)

DRUM seringkali menjadi masalah tatkala kita mulai merekam lagu. Bagaimana tidak, untuk merekam drum  kita harus menyiapkan mic drum set dengan sejumlah kabel dan soundcard yang memiliki input yang banyak. Belum lagi masalah kualitas senar dan tuningnya. Apalagi tempat rekamannya tidak memiliki gema yang baik. Sudah gitu penggebuk drumnya juga suka salah, susah banget diedit!  Aaaarrgggghhhh...!!!

Untungnya ditemukanlah teknologi MIDI dan sampling. Dengan itu, kita bisa membuat track drum hanya dalam waktu 5 menit dengan suara menggelegar! Di pasaran, ada banyak sekali pilihan Virtual Instrumen suara Drum. Namun kali ini kita akan mencoba dua program yang cukup terkenal di dunia rekaman Indonesia dengan kualitas suara yang maksimal: ADDICTIVE DRUMS dari XLN Audio dan EZDRUMMER dari Toontrack. Langsung saja, tonton dulu nih....!


Banyak orang yang mencibir rekaman yang menggunakan drum MIDI. Padahal banyak sekali keuntungan membuat track drum dengan MIDI, di antaranya:
  1. Permainan drum sangat mudah dibuat dan diedit
  2. Pembuatannya membutuhkan waktu yang sangat singkat
  3. Kualitas suara yang dihasilkan sangat berkualitas dan dapat di-tweak dengan mudah
  4. Kesalahan timing permainan dapat diminimalisir hingga 0% (Awas, jadinya kayak robot!)

Sebelum Membuat Drum MIDI..

Sebelum membuat drum MIDI pastikan kita melakukan gladi/rehearsal lagu band yang akan direkam. Gladi ini harus direkam sebagai gambaran drum MIDI yang akan dibuat beserta hasil akhir dari lagu yang direkam nantinya. Jika dalam gladi belum menghasilkan musik yang maksimal (penilaian dilakukan oleh produser band), maka latihan rekaman/workshop harus diulang hingga benar-benar memenuhi standar siap rekam.

Tips lainnya dalam membuat drum MIDI:
  1. Tambahkan variasi senar/hi-hat/kick/dll setelah selesai satu putaran bagian lagu untuk menghindari kesan 'robot'
  2. Penempatan not MIDI tidak perlu 100% tepat di garis bantu tempo untuk menghindari (lagi-lagi) kesan 'mesin pemain drum'
  3. Selalu dengarkan hasil akhir dari Drum MIDI yang dibuat. Selalu lakukan revisi jika ada beat yang mengganjal
  4. Undang drummer untuk ikut merevisi beat drum yang dibuat agar sesuai dengan selera
Membuat MIDI Drum sangat mudah. Namun hasil yang bagus akan bisa dicapai setelah melakukan praktek dan pengulangan yang terus menerus. Teruslah membuat karya baru dan sebarkan pesan positif ke dunia melalui musik!

Share this

0 Comment to " Zero2Hero: Buat Track MIDI Drum dengan Addictive Drums 2 dan EZDrummer 2 (pt. 6)"

Posting Komentar