Sabtu, 19 Oktober 2019

Bersihkan Rekamanmu dari Noise


Dari sekian banyak masalah yang menghadang studio rumahan di antaranya adalah hasil rekaman yang penuh noise karena lingkungan studio yang kurang ideal. Entah itu suara ac, kabel mic yang jelek, atau orang ngobrol ditengah tangisan bayi!

Semua itu akan menghancurkan hasil akhir dari rekaman kita. Maka dari itu, kita membutuhkan plugin berjenis:
NOISE REDUCTION
Ada banyak sekali plugin noise reduction di pasar software rekaman. Yang paling bagus adalah RX De-Noise yang sayangnya tidak gratis, sekitar $129 atau sekitar dua jutaan. Ada juga plugin dari Waves dan plugin developer lainnya tapi lagi-lagi: tidak gratis. 😐

Tenaang, di REAPER sudah tersedia plugin bawaan yang sangat multi fungsi dan ampuh. Ini dia REAFIR...

Cara kerjanya terdiri dari dua langkah utama: ambil sample noise dan langsung dinyalakan.. Ikuti step berikut ini biar ga pusing:
  1. Pasang loop di bagian rekaman yang noise, tepatnya di bagian yang seharusnya diam tak bersuara.
  2. Setelah itu putar di bagian tersebut berulang dengan mengaktifkan fitur REPEAT di samping tombol play (tekan hutuf R)
  3. Setelah itu pilih mode Substract dan centang opsi, Automatically build noise rofile (enable during noise). Nanti dia akan membentuk pola frekuensi noise yang akan dibuang.
  4. Lalu hilangkan centangnya dan VOILA! Hilanglah noise yang terdeteksi.
  5. Kalau ingin mengatur ulang profil noise, bisa digambar dengan klik drag di atas garis diagram merah di profil noise.
Sangat mudah dan gratis! Tidak perlu beli plugin mahal, apalagi bajakan. Cukup edarkan pandangan, lihat potensi yang ada, dan manfaatkan sebaik-baiknya. Keep Practicing dan Good Luck!

Share this

0 Comment to "Bersihkan Rekamanmu dari Noise"

Posting Komentar