Jumat, 01 Mei 2020

MASTERING KILAT DI REAPER (2019)

Mixing/Mastering merupakan seni mengolah audio sehingga nyaman didengar di telinga. Namun banyak yang masih bingung cara mastering sendiri di rumah. Kali ini kita akan membahasnya menggunakan trik mastering kilat yang hasilnya mendekati mastering professional. Tonton video berikut ini.



Dalam mastering ada beberapa proses:

  1. EQ balancing antar track. Karakter lagu antar track dalam satu album kita selaraskan warnanya sehingga tidak terlalu kontras dan menyatu satu sama lain.
  2. Bus Compression. Compress track yang sudah ada dengan sedikit sentuhan compressor khusus mastering agar lebih menyatu dan berkarakter.
  3. Tape Saturation. Pasang emulasi tape analog (pita rekaman jadul) agar memberi warna unik dan lebih memunculkan karakter lagu.
  4. Stereo Widener. Efek ini berguna untuk memberi kesan lebih lebar dan luas di frekuensi tertentu di hasil akhir.
  5. Multiband Compressor. Efek ini berguna untuk menyeimbangkan dinamika antar frekuensi sehingga lagu menjadi lebih nyaman dan tidak menusuk di telinga.
  6. Clipper. Agar lebih berenergi dan kencang tambahkan clipper sebelum mastering limiter. Hati-hati jangan terlalu drastis, cukup sentuhan ringan dalam settingnya.
  7. Mastering Limiter. Hasil akhir bagus tidak mastering sangat dipengaruhi oleh mastering limiter. Gunakan preset yang sesuai dengan jenis lagu yang digarap. Tentukan seberapa keras menekan threshold dengan membaca metering yang tepat. Baca lebih lanjut tentang metering di postingan ini. 
Mastering membutuhkan telinga yang fresh dan proses waktu yang tidak sebentar. Beri waktu pada telinga untuk banyak berisitirahat dan tidak kerja depan speaker berjam-jam. Plugin yang digunakan pun tidak perlu yang berbayar. Ada beberapa plugin gratis yang mampu menghasilkan master lagu yang bagus dan tidak kalah dengan plugin professional yang berbayar.

Share this

0 Comment to "MASTERING KILAT DI REAPER (2019)"

Posting Komentar