Panduan Merintis Studio Rekaman

 Dengan berkembangnya teknologi komputer dan rekaman, setiap orang sekarang bisa berkarya membuat musik dan videonya dari dalam kamar dengan mengandalkan komputer atau bahkan laptop skripsinya. Untuk publikasi pun sudah tersedia media sosial seperti Youtube, TikTok, Facebook, yang tersedia secara gratis untuk mendapat popularitas dan fans sejati. Maka tidak ada alasan lagi untuk tidak ikut terlibat dalam revolusi ini, mari mulai berkarya!


4 JUTA MODAL PERTAMA

Budget tipis tapi tetap ingin berkarya? 4 Juta sudah sangat cukup menjadi modal awalmu merintis studio rekaman. Ikuti panduan berikut ini.

Ketika merintis studio rekaman tentu saja kita merasa kebingungan dan frustasi. Untungnya, kita sekarang ini di zaman yang sangat mendukung untuk berkarya dengan mudah.

Peralatan rekaman sekarang ini sudah sangat terjangkau, suaranya pun sudah bagus dan profesional. Dalam setup rekaman ada 5 hal dasar yang perlu dipenuhi:

KOMPUTER


Sebagai pusat yang memproses audio rekaman, komputer menjadi alat vital penentu kualitas rekaman kita. Spesifikasi standar komputer rekaman adalah:
  • Multi-Core minimal 4 core/thread atau lebih
  • RAM minimal 8GB
  • Hardisk SSD minimal 20GB untuk sistem
  • Hardisk HDD minimal 500GB untuk penyimpanan
  • Power Supply sertifikat 80+
  • Monitor, mouse, keyboard
Di OL Shop, dengan budget 4 jutaan sudah didapatkan komputer/laptop dengan spesifikasi yang sudah memadai seperti di atas. Jika nanti ada budget lebih gunakan saja untuk menambah GPU/VGA.

SOUNDCARD

Penentu kualitas mixing adalah rekaman yang berkualitas bagus. Ini sangat dipengaruhi oleh pilihan soundcard yang kita gunakan. Standarnya adalah:
  • memiliki 2 input mic/jack gitar
  • Kualitas 24 bit
  • Sampling minimal 44.1 KHz - 192 KHz
  • memiliki output headphone dan sound monitor
Pilihan soundcard sangatlah banyak, berikut beberapa rekomendasinya.

Scarlett Solo (2,2 juta)
Scarlett 2i2 (2,5 juta)


Alctron U48 (1,7 juta)


UMC 202 (1,6 juta)

Jika ingin merekam drum dengan 8 input maka pilih sound card yang lebih banyak inputnya.


Scarlett 18i20 (9,2 juta)

 
BEHRINGER UMC 1820 (4 jutaan)

SOUND MONITOR FLAT

Saat mixing, kita bagaikan dokter yang tentunya membutuhkan stetoskop yang akurat agar bisa menilai dengan tepat. Stetoskop itu dinamakan speaker monitor dengan kualitas flat yang menampakkan audio kita apa adanya tanpa ada boost di frekuensi manapun. Jenis speakernya adalah speaker aktif dengan cone 5 - 8 inci. Berikut rekomendasi kami.

DS5A MK5 (1,8 juta)

HEADPHONE

Jika budget kurang mencukupi untuk membeli sound monitor maka gunakan saja headphone gaming yang kalian punya. Ini tentunya sudah bisa digunakan juga untuk rekaman vokal.

Headphone Gaming (80 ribuan)

MICROPHONE VOKAL

Microphone vokal sangat dibutuhkan untuk menangkap suara dengan jernih dan jelas. Maka kita membutuhkan mic condensor. Cari versi paket yang menyediakan pop filter dan stand agar lebih hemat.
BM 800 (400 ribuan)

Sekian rekomendasi barang untuk langkah awal memulai rekaman di studio kamarmu. Ada pertanyaan sampaikan di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages