SAYA ADALAH...


Halo, Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat datang gaes di blog sampinganku ini. Ga tahu diberi nama apa, akhirnya keluarlah nama rekamlagu, karena isinya tutorial tentang rekaman lagu wkwkwk..


Sebelumnya, perkenalkan, ane Amir Hidayatullah asal Banyuwangi, ujung timur pulau Jawa. Lahir 23 Februari 1995, hingga umur ke-27 tahun 2021 ini, masih single hehe.. Besar di Banyuwangi, SD di Pesanggaran, desa kelahiran sambil ngaji sore di pondok salaf. Lalu, SMP hijrah ke kota Genteng di SMP Bustanul Makmur, lagi-lagi sambil mondok rasa asrama. Lalu SMA hingga S2 sekarang ini di Ponorogo, tepatnya di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.


Sejak kecil suka baca gara-gara orangtua beliin majalah Bobo setiap Jumat. Udah mulai kenal komputer sejak SD, Bapak bawa komputer DOS dan Windows 98. SMP suka ngoprek komputer berkat kenal banyak maniak komputer, terutama ust Rozali, ust Najib, Roy temen SMP, mas warnet, buka majalah CHIP langganan kamar, dan banyak lagi. Seneng nge-blog sejak SMP, gara-gara iri sama temen, sampai bikin kompetisi Blog paling keren. Dari situlah seneng nulis di blog hingga sekarang. Sampai jebol lab komputer sekolah dan disuruh shalat taubat di tengah lapangan hahaa (ngakak asw).. 


Untuk masalah musik, sudah kenal sejak kelas 2 SD. Ortu belikan piano CASIO murah buat mainan. Kakak bawa buku LKS Penjaskes di situ ada teori musik, tak baca sampai tamat. Setiap siang habis makan, ada ritual main piano 2 jam, setiap hari, tanpa disuruh. Kelas 4 ortu belikan piano YAMAHA PSR tipe sekian (lupa). Makin betah depan piano ngulik lagu dengan modal Video dari CD bajakan beli di pinggiran pasar dan nge-copy dari temen-temen sesama musisi. Ada Dream Theater, Mr. BIG, G3 Show, dangdut Rhoma sampai hadroh. Kelas 4 juga belajar gitar dengan minjam punya tetangga hampir setiap hari. Juga bikin grup band sama temen buat ngecover lagu2 Radja yang tenar zaman itu. Lalu saat sunat di kelas 5 dibelikan lah gitar sendiri sebagai hadiah. Ditambah, ortu ngundang guru musik dari gereja yang dulu pernah jadi murid di sekolah, namanya Mas Abdiel. Akhirnya semakin kuat dasar musikku. Kelas 5 diajak ngeband dan ikut festival sama guru musikku dan anak-anak SMA kenalan di Studio SAHARA dekat rumah. Kelas 6 beli gitar elektrik dan efek pedal ZOOM.


SMP tidak banyak belajar musik hanya saja sering main di studio sama temen. Lagu wajibnya Hysteria dari MUSE. Semua lagu MUSE kita ulik sampai tuntas. Tak luput juga Avengers Sevenfold dan band-band lainnya dari Indonesia. Pernah ikut festival ini itu tapi ga pernah menang, pokok senang tampil ditonton orang banyak. Sempat bikin aransemen lagu Bento Iwan Fals dengan sentuhan Jazz-Rock ala Dream Theater dan lick dari guru musikku. Hampir rekaman namun keburu ke Gontor. Di Gontor mau main musik terasa malas, jadinya malah belajar bahasa Arab 2 tahun penuh. Pas tahun ke-3 kelas 5, terpaksa nongol untuk jadi musisi Drama Arena pegang piano. Kelas 6 menjadi musisi Panggung Gembira dan rekaman album pertama sebagai komposer-arranger plus main gitar. Seneng banget rasanya bisa jadi album....


Dari rekaman pertama itulah aku mulai kenal dunia recording menggunakan computer. Kaget aja, dari dulu kenal komputer, kok baru tahu bisa digunakan untuk rekaman. Akhirnya aku belajar rekaman dengan Nuendo ke masternya di Gontor saat itu, ust Hasan Muttaqin, sama-sama orang Banyuwangi. Belum puas ada lagu yang belum terekam, aku rekaman lagi di Jogja bareng teman-teman Band di studio Mas Billy, kenalan baru. Di sana aku dikenalkan REAPER dan Amplitube, meski akhirnya rekaman menggunakan Cubase. Mulailah aku membeli soundcard pertamaku, Focusrite 2i2. Senang sekali bisa rekaman dengan modal laptop. Aku pun mulai merintis studio rekaman di Gontor 2, tempatku mengajar sekaligus kuliah S1. Delapan puluh persen ilmu kudapat dari YouTube dan buku pdf bahasa Inggris. Capek sih, tapi seru! Dari rekaman selama lima tahun itu, aku mendapatkan banyak sekali ilmu dan wawasan baru. Nah, melalui blog ini aku ingin berbagi ilmu yang dirasa bermanfaat dan belum banyak dibahas.

Ke depan, blog ini akan jadi dokumentasi keilmuanku di bidang musik dan rekaman. Kalau kalian ingin request apa bisa hubungi kontak di bawah. Sekarang ini, aku masih kuliah S2 yang cukup berat dan menyita banyak energi dan pikiran. Mohon maklum jika jarang update hehe.. Kalau kalian ingin konsultasi, berbagi pengalaman, atau bertanya-tanya jangan ragu berhubungan dengan kontak di bawah. Bisa juga menghubungi untuk jasa profesional remake lagu, cover, maupun mixing-mastering. Ini adalah perjalanan panjang yang tidak sabar ingin ku bagikan. See you later~!
Wassalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages